Cara Overclock Android Tanpa Root

Selain CPU / Prosesor di komputer yang bisa dioverclock, CPU di Android juga bisa kita overclock agar kinerjanya bertambah kencang.

Pada dasarnya HP Android dan Komputer itu hampir sama karena menggunakan hardware atau perangkat keras seperti CPU, RAM, GPU sampai ke sistem pendinginan.

Untuk kinerjanya sendiri juga ada kriterianya sendiri sendiri untuk berbagai macam brand HP Android di dunia. Ada yang kinerjanya di maksimalkan oleh brand, dan ada juga yang mengunci atau lock kinerja agar tetap di zona aman dan hp tidak terlalu berat menjalankan tugas tertentu.

Ya niatnya sih baik brand HP Android membatasi kinerjanya agar tidak cepat rusak dan terancam kesehatannya, akan tetapi juga beresiko kinerjanya menjadi tidak maksimal dari spesifikasi yang disediakan.

Yang aslinya prosesor bisa menjalankan game berat dengan lancar, tapi malah dibatasi oleh developer brand tersebut agar tetap berada di zona aman HP tersebut. Hal ini tidak salah, tetapi juga sangat disayangkan tidak memanfaatkan prosesor yang seharusnya kuat tapi harus dibatas batasi.

Nah jika anda menginginkan agar HP Android anda lebih cepat dan performa meningkat, solusinya adalah dengan Overclock CPU Android anda. Dan berikut langkah langkah overclock CPU Android tanpa root dengan mudah.

Overclock CPU HP Android Tanpa Aplikasi

Pertama kita bisa overclock CPU bawaan HP Android tanpa aplikasi sama sekali karena sudah ada brand HP Android yang memperbolehkan kita overclock secara mandiri dan telah disedikan fitur bawaan untuk mengaturnya.

Salah satunya adalah dengan Game Turbo untuk HP Xiaomi dan HP ROG bisa menggunakan aplikasi bawaannya.

Untuk yang tidak ada aplikasi overclock bawaan, kita bisa mengaturnya melalui developer options. Yaitu dengan mengaktifkan Force GPU Rendering dan Force 4x MSAA di opsi pengembang.

Berikut cara lengkap overclock CPU HP android agar performa meningkat.

  1. Buka Pengaturan HP Android
  2. Selanjutnya scroll ke bawah, lalu cari dan pilih menu Sistem.
  3. Pilih menu Tentang Ponsel / About Phone.
  4. Setelah itu klik 7x Build Number hingga muncul pesan “Anda adalah Pengembang / Developer“.
  5. Berikutnya buka menu Pengaturan > Setelan Tambahan > Opsi Pengembang.
  6. Aktifkan menu opsi Force GPU Rendering.
  7. Selanjutnya aktifkan Force 4x MSAA.
  8. Selesai.

Cara Overclock CPU Android Dengan Aplikasi Pimp My ROM

Aplikasi Pimp My ROM adalah aplikasi yang mempermudah anda untuk mengatur kinerja HP Android dengan tampilan sederhana dan mudah dijalankan. Ini juga bisa digunakan untuk overclock hp langsung lo.

Berikut cara overclock CPU Android dengan mudah menggunakan Aplikasi Pimp My ROM.

  1. Download dan Install Pimp My ROM.
  2. Buka aplikasi Pimp My ROM.
  3. Selanjutnya buka menu Android Features.
    overclock hp android tanpa root dengan aplikasi
  4. Lalu Aktifkan / ON fitur fitur berikut ini.
    • Hardware Acceleration
    • Force GPU Rendering
    • Purgeable Assets
    • 16-Bit Transparency
    • Kernel JNI Error Checking
  5. Matikan/OFF Android Logger saja.
  6. Selesai.

Kalian juga bisa explore sendiri dengan membaca keterangan pada menu menu yang ada di aplikasi tersebut untuk diaktifkan atau tidak, gunakan sebaik mungkin agar performa menjadi kencang.

Kesimpulan

Nah kira kira begitulah cara overclock CPU di HP Android dengan mudah dan tanpa root.

Namun terimalah resiko baterai cepat panas dan habis karena sistem kinerja CPU HP Android yang dipaksa maksimal terus menerus. Bisa saja HP menjadi mati total karena overheat kepanasan.

Oleh karena itu berhati hatilah jika ingin melakukan overclocking dan tanyakan ke forum HP Android yang kamu gunakan ke grup grup yang tersedia di sosial media Facebook atau yang lainnya.

Semoga berhasil dan sukses terus, terimakasih sudah berkunjung.

 

Rifqiy Hamid

Suka game, teknologi baru dan hobi makan. Jangan ikuti saya di Instagram

Tinggalkan komentar